Pengenalan Histogram Bagi Pemula Dalam Fotografi

Pengenalan Histogram bagi Pemula dalam Fotografi - Ketika revolusi digital tiba ke dunia fotografi itu, sejumlah besar laba bagi fotografer: menciptakan sejumlah besar gambar tanpa kenaikan biaya; melihat foto segera sesudah Anda menjepretnya; mengubah ISO dengan setiap jepretan.

Salah satu manfaat paling penting dari fotografi digital yakni salah satu yang menjadi sanggup dan sedikit menyeramkan bagi fotografer baru. Tapi tidak ada alasan untuk menghindar dari itu - itu bekerjsama cukup gampang dipakai sesudah Anda memahami cara kerjanya. Histogram hanyalah sebuah representasi grafis dari banyak sekali nada dari foto Anda yang membantu Anda mengevaluasi eksposur.

Sebelum adanya fotografi digital, banyak fotografi harus menunggu hingga kita menyebarkan film untuk mengetahui dengan niscaya apakah kita menerima eksposur yang baik ketika kita menciptakan gambar. Sekarang, dengan memakai histogram, gosip ini di ujung jari Anda sebelum Anda mengambil jepretan (di kamera dengan viewfinder elektronik), sesudah Anda mengambil jepretan, dan selama pasca-pengolahan gambar.

Cara Membaca Histogram
Sangat mudah: orang kulit gelap yang di sebelah kiri dan yang putih di sebelah kanan, semua pertengahan nada berada di antara.

Pengenalan Histogram bagi Pemula dalam Fotografi Pengenalan Histogram Bagi Pemula Dalam Fotografi
Source Image : dps.com

Hal yang paling penting untuk mengetahui wacana histogram yakni bahwa lonjakan di sebelah kanan, yang menyentuh tepi grafik, yakni duduk masalah dalam histogram. Itu berarti bahwa ada sebagian dari gambar Anda di mana highlights yang "pecah", atau benar-benar putih dengan detail. Alasan ini yakni suatu duduk masalah besar, bahwa kawasan yang ditiup keluar berisi data tidak sama sekali, sehingga Anda tidak akan sanggup melaksanakan apa-apa di gambar dan pengolahan untuk menyesuaikan. Ini hanya berlaku kalau lonjakan menyentuh tepi grafik.

Jika ada lonjakan di tepi kiri, itu berarti penggalan dari gambar Anda benar-benar hitam. Anda mungkin ingin memakai kompensasi eksposur Anda untuk menyesuaikan eksposur ke kanan untuk membuatnya lebih cerah. Tapi ingat bahwa mempunyai penggalan dari gambar Anda benar-benar hitam, terutama untuk menembak malam dan itu tidak apa-apa.

Tidak ada histogram yang sempurna. Ini hanya representasi grafis dari banyak sekali tonal dalam gambar Anda. Terserah Anda, sebagai artis, untuk memutuskan apa yang harus dilakukan dengan gosip ini. Memiliki kulit gelap solid dan kulit yang cerah (asalkan mereka tidak ditiup keluar) tidak selalu berarti buruk.

Mari kita lihat beberapa pola bagaimana histogram akan mencari banyak sekali jenis gambar.

Contoh histogram
High Key Scene
Bila Anda mempunyai adegan yang merupakan High Key Scene, mempunyai banyak nada cerah, dan tidak begitu banyak mid-nada atau kulit hitam. Ketika Anda memotret adegan yang Anda ingin menyebabkan High Key, histogram Anda harus ditumpuk di sisi kanan - tapi tidak naik tepi kanan. Jika Anda ingin adegan Anda menjadi kunci tinggi, tetapi histogram Anda memperlihatkan banyak mid-nada, putih Anda mungkin akan keluar tampak lebih abu-abu dari yang Anda inginkan.

Pengenalan Histogram bagi Pemula dalam Fotografi Pengenalan Histogram Bagi Pemula Dalam Fotografi
Source Image : dps.com

Pengenalan Histogram bagi Pemula dalam Fotografi Pengenalan Histogram Bagi Pemula Dalam Fotografi
Source Image : dps.com

Low Key Scane
Sebuah adegan low key yakni salah satu yang gelap, yang akan Anda harapkan ketika memotret di malam hari. Dalam hal ini, histogram Anda akan ditumpuk di sisi kiri. Anda mungkin mempunyai lonjakan di tepi kiri, yang memperlihatkan orang kulit gelap menjadi solid.

Pengenalan Histogram bagi Pemula dalam Fotografi Pengenalan Histogram Bagi Pemula Dalam Fotografi
Source Image : dps.com

Kontras yangTinggi
Sebuah adegan kontras yang tinggi yakni salah satu di mana ada banyak situasi yang sangat gelap, dan nada sangat cerah, dan mungkin tidak begitu banyak nada di antara. Dalam hal ini, histogram Anda akan menampilkan data di kiri dan dikanan, dan tidak begitu banyak di tengah.

Pengenalan Histogram bagi Pemula dalam Fotografi Pengenalan Histogram Bagi Pemula Dalam Fotografi
Source Image : dps.com

Kontras yang Rendah
Sebuah adegan kontras yang rendah mempunyai banyak mid-nada, dan beberapa ada yang nada cerah. Histogram Anda akan mempunyai bentuk lonceng.

Pengenalan Histogram bagi Pemula dalam Fotografi Pengenalan Histogram Bagi Pemula Dalam Fotografi
Source Image : dps.com

Sekali lagi, itu terserah Anda sebagai fotografer untuk menentukan apa yang harus dilakukan dengan gosip ini. Anda harus memutuskan apakah gosip dalam grafik yakni apa yang Anda inginkan atau tidak. Itu hanya alat lain di gudang senjata Anda, untuk membantu Anda mengubah visi artistik Anda ke sebuah foto yang anda miliki.

Jika Anda tidak bahagia dengan histogram Anda, memakai kompensasi eksposur. Untuk mengatur eksposur dengan menciptakan lebih gelap atau lebih jelas pada gambar. Atau, Anda sanggup menentukan untuk mempengaruhi cahaya di tempat kejadian bukannya dengan memakai flash, reflektor, atau diffuser. pemilihan itu tergantung dari anda.

Memahami Histogram Warna
kau mungkin melihat pada pola di atas bahwa histogram tidak hanya memperlihatkan nada dalam grayscale, tetapi juga memperlihatkan warna. Ya, itu mungkin untuk meniup warna! Jika ada satu warna tertentu yang sangat cerah di tempat, kadang kala warna yang akan menjadi begitu jenuh yang longgar rinci. Hal ini biasanya terjadi pada bunga-bunga merah misalnya.

Pengenalan Histogram bagi Pemula dalam Fotografi Pengenalan Histogram Bagi Pemula Dalam Fotografi
Source Image : dps.com

Untuk mengatasi hal ini, Anda sanggup sedikit mengatur warna dalam pengolahan pasca untuk membawa kembali beberapa detail dalam kelopak bunga. Histogram di atas memperlihatkan peningkatan nada merah menjelang tamat skala cerah.

Penggunaan Histogram
Di lapangan, Anda sanggup memakai histogram bersama dengan Live View untuk melihat sebelum Anda menciptakan gambar (atau nyalakan kalau Anda mempunyai kamera dengan Viewfinder elektronik menyerupai banyak model mirrorless yang mengatakan viewfinder elektronik). Anda juga sanggup melihatnya dan sesudah itu ketika Anda meninjau foto pada layar LCD. yang terpenting bahwa Anda memakai histogram untuk menyidik eksposur dikala Anda berada di lapangan. Dengan cara itu Anda mempunyai kesempatan untuk menciptakan eksposur lain dikala masih di tempat kejadian.

Jangan mengandalkan LCD untuk mengatakan umpan balik wacana eksposur. Ini manis untuk menyidik komposisi dan fokus, tetapi tidak paparan. Itu sebab kecerahan LCD Anda tidak ada hubungannya dengan kecerahan gambar Anda, sebab Anda sanggup menyesuaikan kecerahan LCD Anda. Sebagai contoh, Anda sanggup mencerahkan LCD sehingga sanggup melihat lebih gampang di luar pada hari yang cerah. Tapi kemudian kalau Anda tidak mengubah kecerahan kembali lagi dan Anda melihat di malam hari gambar akan muncul super terang.

Histogram juga tersedia untuk Anda dikala pasca-pengolahan gambar. Menggunakannya untuk melihat di mana adaptasi perlu dibentuk dan untuk memastikan bahwa Anda tidak menciptakan kawasan yang terlalu jelas atau terlalu gelap dikala memproses gambar Anda. 

Semoga semakin banyak fotografer yang mengerti halnya dengan teknik Histogram. jangan lupa komentar ya. terima kasih.

0 Response to "Pengenalan Histogram Bagi Pemula Dalam Fotografi"

Posting Komentar

Tinggalkan komentar disini ya ..!!!